KISI-KISI
PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MAPEL : MATEMATIKA
KELAS : IX
Kurikulum :
KTSP Jumlah
soal : 40 butir
Alokasi Waktu :
120 menit Bentuk
Tes : Pilihan Ganda
No.
|
SK
|
KD
|
Indikator
|
No.Soal
|
1
|
1
|
1.1
|
Mengidentifikasi dua
bangun datar sebangun
|
1, 2, 3
|
2
|
1
|
1.2
|
Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga kongruen
|
5
|
3
|
1
|
1.3
|
Menentukan
perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
|
6, 7, 8, 9, 10, 13
|
4
|
1
|
1.2
|
Menentukan banyaknya
pasangan segitiga yang kongruen
|
12
|
5
|
1
|
1.3
|
Memecahkan masalah
yang melibatkan kesebangunan
|
4, 11
|
6
|
2
|
2.2
|
Menghitung permukaan
tabung
|
14
|
7
|
2
|
2.2
|
Menghitung jari-jari
tabung jika volum serta perbandingan jari-jari dan tinggi diketahui
|
15
|
8
|
2
|
2.2
|
Menghitung luas
permukaan kerucut jika diketahui diameter dan tingginya
|
16
|
9
|
2
|
2.2
|
Menghitung volum
kerucut jika diketahui luas selimut dan jari-jarinya
|
17
|
10
|
2
|
2.2
|
Menghitung perbandingan
volum tabung dengan volum bola dari gambar yang disediakan
|
18
|
11
|
2
|
2.2
|
Menghitung luas
permukaan tabung yang diketahui diameter dan tingginya
|
19
|
12
|
2
|
2.2
|
Menghitung jari-jari
bola jika diketahui volumnya
|
20
|
13
|
2
|
2.3
|
Menggunakan rumus
luas selimut untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kerucut
|
21
|
14
|
2
|
2.3
|
Menggunakan rumus
luas permukaan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kerucut dan
belahan bola
|
22
|
15
|
2
|
2.3
|
Menggunakan rumus luas
untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung
|
23
|
16
|
2
|
2.3
|
Menggunakan rumus
volum untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung dan bola
|
24
|
17
|
3
|
3.1
|
Menentukan populasi
dari penelitian yang dilakukan
|
25
|
18
|
3
|
3.1
|
Menentukan rata-rata
data tunggal dalam bentuk tabel serta menafsirkannya
|
26
|
19
|
3
|
3.1
|
Menentukan nilai
rata-rata data tunggal
|
27, 28
|
20
|
3
|
3.1
|
Menentukan median
data tunggal
|
29
|
21
|
3
|
3.1
|
Menentukan modus data
tunggal
|
30
|
22
|
3
|
3.2
|
Menentukan median dan
modus data tunggal yang disajikan dalam bentuk tabel
|
31
|
23
|
3
|
3.2
|
Menentukan berat
badan anak laki-laki jika diketahui rata-rata berat anak laki-laki, rata-rata
berat anak perempuan, dan rata-rata berat semuanya.
|
32
|
24
|
3
|
3.2
|
Menentukan nilai
rata-rata dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
33
|
25
|
3
|
3.2
|
Membaca diagram garis
|
34
|
26
|
3
|
3.2
|
Menghitung banyaknya
orang yang belum diketahui dari diagram lingkaran yang disajikan
|
35
|
27
|
4
|
4.1
|
Menghitung jumlah
titik sampel dari sebuah percobaan
|
36
|
28
|
4
|
4.2
|
Menghitung nilai peluang
kejadian pada pelemparan tiga buah uang logam
|
37
|
29
|
4
|
4.2
|
Menghitung peluang
munculnya jumlah mata dadu tertentu pada pelemparan dua buah dadu
|
38
|
29
|
4
|
4.2
|
Menentukan peluang
terambilnya kelereng kedua dari kumpulan tiga warna kelereng setelah
pengambilan pertama tidak dikembalikan
|
39
|
30
|
4
|
4.2
|
Menentukan frekuensi
harapan
|
40
|
Pekalongan, 20 Oktober
2016
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER
2016/2017
MATEMATIKA KELAS VIII
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
No.
Soal
|
1.
|
Memahami bentuk
aljabar,relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
|
1.1. Melakukan operasi
aljabar
|
1. Menyebutkan
koefisien dari bentuk aljabar
|
1
|
2. Menyelesaiakan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan perpangkatan bentuk aljabar
|
2,3,4,5
|
|||
1.2. Menguraikan
bentuk aljabar
kedalam faktor-faktornya
|
3. Memfaktorkan bentuk
aljabar
|
6
|
||
4. Menyederhanakan
pecahan bentuk aljabar
|
7
|
|||
5. Menyelesaikan
operasi pembagian pecahan bentuk aljabar
|
8
|
|||
1.3. Memahami relasi
dan fungsi
|
6. Menentukan himpunan
pasangan himpunan pasangan
berurutan dari suatu relasi
|
9
|
||
7. Memahami pasangan himpunan
yang ekuivalen
|
10
|
|||
8. Menentukan pemetaan
dari himpunan pasangan berurutan
|
11
|
|||
1.4. Menentukan nilai
fungsi
|
9. Menentukan hasil
fungsi dari suatu notasi fungsi
|
12
|
||
10.Menentukan domain
suatu fungsi jika rumus fungsi dan range
fungsi diketahui
|
13
|
|||
11.Menentukan
banyaknya pemetaan dari dua buah himpunan
|
14,15
|
|||
1.5. Membuat sketsa
grafik fungsi aljabar
sederhana padasistem koordinat
|
12.Menentukan grafik
suatu fungsi
|
16
|
||
1.6. Menentukan
gradien,persamaan, dan
grafik garis lurus
|
13.Menentukan
koordinat dari suatu gabar pada diagram
kartesius
|
17
|
||
14.Menentukan gradien
dari suatu persamaan garis lurus
|
18,24
|
|||
15.Menentukan
persamaan garis melalui satu titik
|
19
|
|||
16.Menentukan nilai p
dan a dari suatu koordinat jika rumus
fungsi diketahui
|
20,21
|
|||
17.Menentukan
persamaan garis melalui dua titik
|
22
|
|||
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Soal
|
No.
Soal
|
18.Menentuntukan persamaan garis yang sejajar garis lain
|
23
|
|||
2.
|
Memahami persamaan
linier dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
2.1.Menyelesaikan
sistem persamaan
linier dua variabel
|
19. Menentukan nilai
dari sistem persamaan linier dua variabel
|
30,31
|
2.2.Membuat model
matematika dari
masalah yang berkaitn dengan SPLDV
|
20.Menentukan model
matematika dari kejadian sehari-hari yang
berkaitan dengan SPLDV
|
25,26,33
|
||
2.3.Menyelesaikan
model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan SPLDV
|
21.Menentukan nilai
dari sistem persamaan linier dua variabel
|
27,28,32
|
||
3.
|
Menggunakan teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
3.1.Menggunakan
teorema pythagoras untuk menentukan panjang sisi – sisi segitiga siku-siku
|
22.Menentukan panjang
salah satu sisi segitiga siku-siku
|
34
|
23.Menentukan jenis
segitiga jika dua sudut nya diketahui
|
35
|
|||
24.Menentukan rumus
pythagoras jika disajikan gambar
|
38
|
|||
3.2.Memecahkan masalah
pada bangun
datar yang berkaitan dengan teorema
pythagoras
|
25. Menentukan panjang
salah satu sisi segitiga dari kejadian
sehari-hari
|
36,39,40
|
KISI
– KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran : 2016 /2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1.Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Bilangan Bulat dan Bilangan pecahan
|
Menentukan bilangan bulat-bilangan bulat diantara
dua bilangan
|
1
|
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi
bilangan bulat termasuk operasi campuran
|
2
|
|||
Menentukan nilai dari operasi perkalian dan
pembagian bilangan bulat
|
3
|
|||
Melakukan operasi hitung pada bilangan bulat untuk
memecahkan masalah
|
4
|
|||
Menghitung nilai dari operasi akar kuadrat dan akar
pangkat tiga
|
5
|
|||
Menentukan nilai pecahan diantara dua pecahan yang
diketahui
|
7
|
|||
Menentukan nilai pecahan dari gambar yang disajikan
|
8
|
|||
Menentukan pernyataan yang benar dari berbagai
bentuk dan jenis bilangan pecahan ( pecahan biasa dan pesen)
|
9
|
|||
Menyelesaikan operasi hitung perkalian dan pembagian
bilangan pecahan
|
10
|
|||
Menggunakan perkalian pecahan untuk menyelesaikan
soal cerita
|
11
|
|||
Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan pecahan
|
12
|
|||
1.2.Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
Menemukan sifat-sifat operasi tambah dan kali pada
bilangan bulat
|
6
|
||
Menggunakan
pengurangan pecahan untuk menyelesaikan
soal cerita
|
13
|
|||
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier
satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
2.1.Mengenali bentuk
aljabar dan unsur-unsurnya
|
Bentuk Aljabar
|
Menentukan
koefisien dari suatu variabel pada bentuk aljabar
|
14
|
Menentukan
bentuk aljabar yang memiliki suku-suku yang sejenis
|
15
|
|||
2.2.Melakukan operasi
pada bentuk aljabar
|
Menyederhanakan
bentuk aljabar
|
16
|
||
Melakukan
operasi perkalian pada bentuk aljabar
|
17
|
|||
Melaukan
operasi penjumlahan pada bentuk aljabar
|
18
|
|||
2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variable (PLSV)
|
Persamaan dan pertidaksamaan Linear Satu Variabel
|
Mengenali
PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
19
|
|
Menentukan
penyelesaian PLSV
|
20,21
|
|||
2.4.Menyelesaiakan
pertidaksamaan linear satu variable (PtLSV)
|
Menentukan
Penyelesaian PtLSV
|
22
|
||
Menentukan
penyelesaian PtLSV
|
23,24
|
|||
3.1.Membuat model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
|
Mengubah
masalah ke dalam model matematika berbentuk PLSV
|
25
|
||
Mengubah
masalah ke dalam model matematika berbentuk PtLSV
|
26
|
|||
3.3.Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika social yang sederhana
|
Aritmetika Sosial
|
Menghitung
nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian
|
27,28
|
|
Menentukan
untung atau rugi dari suatu kejadian
|
29
|
|||
Menentukan
harga beli suatu barang
|
30
|
|||
Menentukan
harga sepatu jika diskon diketahui
|
31
|
|||
Menentukan
Netto suatu barang jika bruto dan tara diketahui
|
32
|
|||
Menghitung
besar simpanan tabungan di bank sebelum
mendapat bunga
|
33
|
|||
3.4.Menggunaan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
Perbandingan
|
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan
|
34
|
|
Menghitung
jarak sebenarnya jika skala dan jarak peta diketahui
|
35
|
|||
Menyelesaikan
soal perbandingan senilai
|
36
|
|||
Menentukan
pernyataan perbandingan berbalik nilai dari beberapa pernyataan
|
37
|
|||
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai)
|
38
|
|||
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan berbalik nilai
|
39
|
|||
Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai)
|
40
|
Kajen, 24
Oktober 2016
MGMP Matematika
SMP
Kabupaten
Pekalongan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar